Close

June 14, 2021

10 Jenis Portofolio SBMPTN yang Harus Kamu Ketahui

Tertarik masuk jurusan seni dan olahraga lewat jalur SBMPTN? Itu berarti, kamu wajib menyertakan portofolio SBMPTN saat pendaftaran. Cek info lengkap portofolio SBMPTN di artikel ini.

Siapkan portofolio SBMPTN terbaikmu agar peluang lolos besar!

Pahamifren, sudah tahu belum? Bagi kamu yang memilih program studi di bidang seni atau olahraga, wajib menyertakan portofolio saat pendaftaran UTBK SBMPTN. Portofolio SBMPTN adalah dokumentasi kumpulan karya maupun penampilan siswa dalam bidang seni dan olahraga. Dokumentasi tersebut nantinya digunakan sebagai salah satu kriteria penilaian SBMPTN, selain dari nilai UTBK. Maka dari itu, persiapkan portofolio terbaik kamu, ya.

Biar kamu punya bekal informasi yang cukup untuk mempersiapkan portofolio SBMPTN, berikut ini Mipi bagikan jenis-jenis, isi, serta ketentuan portofolionya. Mari simak pembahasannya sampai selesai.

Jenis-Jenis Portofolio SBMPTN dan Isinya

Berdasarkan pengumuman LTMPT pada SBMPTN 2021, terdapat 10 jenis portofolio SBMPTN pada bidang seni maupun olahraga. Ada kemungkinan jenis-jenis tersebut masih sama hingga beberapa tahun ke depan, ya. Mau tahu apa saja? Langsung cek!

Seni Rupa, Desain, dan Kriya

Beberapa jurusan yang harus melampirkan portofolio seni rupa, desain, dan kriya adalah jurusan Seni Rupa, Seni Murni, Pendidikan Seni Rupa, Kriya, Kriya Seni, Pendidikan Kriya, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, serta Desain Produk/Desain Produk Industri. Isi file yang wajib disertakan, di antaranya:

  • Identitas peserta.
  • Hasil scan karya gambar hitam putih.
  • Hasil scan karya terbaik/pilihan (jika ada).
  • Hasil scan tulisan penjelasan atas karya terbaik/pilihan.
  • Hasil scan pernyataan peserta tentang keaslian pembuatan karya dalam dokumen portofolio.
Apa saja portofolio SBMPTN yang harus kamu miliki?

Semua dokumen di atas disusun dalam 1 PPT (6 slide) menggunakan template yang disediakan LTMPT.

Tari

Bagi kamu yang memilih jurusan Tari atau Pendidikan Tari, wajib melampirkan portofolio ini. Isi file yang wajib disertakan, di antaranya:

  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan menari, dengan durasi 3-7 menit.
  • 1 file PPT (3 slide) berisi identitas peserta, hasil scan tulisan deskripsi diri, serta hasil scan pernyataan peserta tentang keaslian penampilan dalam dokumen portofolio.

File PPT harus disusun menggunakan template yang disediakan LTMPT.

Musik

Portofolio ini dikhususkan bagi peserta jurusan Musik maupun Pendidikan Musik. Adapun isi file yang wajib disertakan, di antaranya:

  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan menyanyi.
  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan bermain alat musik atau menyanyi dengan iringan.
  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan menirukan melodi dan ritmik.
  • 1 file PPT (4 slide) berisi identitas peserta, hasil scan tulisan refleksi pengalaman dan prestasi, hasil scan tulisan mengenai motivasi dan tujuan, serta hasil scan pernyataan peserta tentang keaslian penampilan dalam dokumen portofolio.

File video yang kamu buat harus memiliki durasi 3-5 menit pada masing-masing video. Pada portofolio musik, peserta menggunakan soal musikalitas dan template dokumen yang telah disediakan LTMPT.

Seni Karawitan

Sesuai namanya, portofolio ini ditujukan kepada peserta yang mengambil jurusan Seni Karawitan dan Pendidikan Seni Karawitan. Isi filenya hampir sama dengan portofolio musik, di antaranya:

  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan menyanyi/menembang.
  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan bermain alat musik tradisional. Bisa juga menembang atau menyanyi dengan iringan.
  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan menirukan melodi dan ritmik.
  • 1 file PPT (4 slide) berisi identitas peserta, hasil scan tulisan refleksi pengalaman dan prestasi, hasil scan tulisan mengenai motivasi dan tujuan, serta hasil scan pernyataan peserta tentang keaslian pembuatan penampilan dalam dokumen portofolio.

File video yang kamu buat harus memiliki durasi 3-5 menit pada masing-masing video. Pada portofolio ini, peserta menggunakan soal musikalitas dan template dokumen yang telah disediakan LTMPT.

Etnomusikologi

Etnomusikologi merupakan gabungan ilmu musik dan budaya. Disiplin ilmu ini mempelajari tentang hubungan aspek sosial-budaya terhadap musik maupun tari dalam masyarakat. Nah, portofolio jenis ini memang dikhususkan untuk peserta yang mengambil jurusan Etnomusikologi. Adapun isi portofolio yang wajib disertakan, di antaranya:

  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan menyanyi.
  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan bermain alat musik/menyanyi dengan iringan.
  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan menirukan melodi dan ritmik.
  • 1 file PPT (4 slide) berisi identitas peserta, hasil scan tulisan refleksi pengalaman dan prestasi, hasil scan tulisan mengenai motivasi dan tujuan, hasil scan pernyataan peserta tentang keaslian penampilan dalam dokumen portofolio.

File video memiliki durasi 3-5 menit pada masing-masing video. Peserta menggunakan soal musikalitas dan template dokumen yang telah disediakan LTMPT.

Teater

Bagi kamu yang tertarik mendaftar jurusan Teater di SBMPTN, maka kamu harus melampirkan dokumen karya atau penampilan di bidang teater. Beberapa dokumen yang wajib kamu sertakan dalam portofolio ini, di antaranya:

  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan MONOLOG.
  • 1 file PPT (5 slide) berisi identitas peserta, hasil scan karya tulis (prosa atau review), hasil scan refleksi diri pemahaman teater, hasil scan bukti raihan prestasi, serta hasil scan pernyataan peserta tentang keaslian pembuatan karya maupun penampilan dalam dokumen portofolio.

File video penampilan MONOLOG berdurasi sekitar 3-7 menit. Naskah MONOLOG dan template dokumen telah disediakan oleh pihak LTMPT.

Fotografi

Portofolio ini diperuntukkan kepada peserta yang memilih jurusan Fotografi. Berikut adalah isi file yang harus disertakan, di antaranya:

Identitas peserta.

  • 1 karya fotografi berwarna (1 buah, tema bebas).
  • 3 karya fotografi terdiri dari 3 foto berwarna yang saling berkaitan menjadi cerita (tema bebas).
  • Pernyataan deskripsi diri, berisi faktor dan bentuk dukungan memilih jurusan Fotografi, pengalaman dan motivasi mengikuti pendidikan fotografi, hasil scan bukti raihan prestasi terkait bidang fotografi, serta hasil scan pernyataan tentang keaslian pembuatan karya dalam dokumen portofolio.

Semua dokumen di atas dilampirkan dalam 1 file PPT (6 slide) menggunakan template dokumen yang disediakan LTMPT.

Film dan Televisi

Jenis portofolio SBMPTN ini ditujukan kepada peserta jurusan Film dan Televisi. Adapun isi atau jenis file yang wajib disertakan, di antaranya:

  • Identitas peserta.
  • Hasil scan karya tulis (skenario).
  • Hasil scan bukti raihan prestasi (maksimal 3 buah)
  • Hasil scan deskripsi pengalaman dan bukti.
  • Hasil scan pernyataan tentang keaslian pembuatan karya dalam dokumen portofolio.

Semua dokumen di atas dilampirkan dalam 1 file PPT (5 slide) menggunakan template dokumen yang disediakan LTMPT.

Seni Pedalangan

Mau menambah pengetahuan terkait seni dalang? Kamu bisa mendaftar jurusan Seni dalang di SBMPTN mendatang. Namun, kamu harus melampirkan portofolio seputar seni pedalangan saat mendaftar, ya. Adapun isi atau jenis file yang harus disertakan dalam portofolio ini, di antaranya:

  • 1 file video format MP4 berisikan penampilan mendalang/memainkan wayang.
  • 1 file PPT (4 slide) berisi identitas peserta, hasil scan deskripsi pemahaman, pengetahuan, pengalaman, bukti raihan prestasi, serta pernyataan tentang keaslian pembuatan karya/penampilan dalam dokumen portofolio.

File video penampilan harus berdurasi sekitar 3-7 menit. Template dokumen dan isi file untuk PPT telah disediakan oleh pihak LTMPT.

Ketahui jenis-jenis portofolio SBMPTN, isi file dan ketentuannya untuk melancarkan proses pendaftaran SBMPTN

Olahraga

Berbeda dengan portofolio lainnya, jenis yang terakhir ini dikhususkan bagi peserta SBMPTN yang memilih jurusan di bidang olahraga. Contohnya, jurusan Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar, Kepelatihan Fisik Olahraga, serta Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Adapun isi dan file yang wajib disertakan, di antaranya:

  • 1 file video format MP4 berisi perkenalan diri, cuplikan pelaksanaan tes keterampilan motorik, penampilan salah satu cabang olahraga.
  • 1 file PPT (6 slide) berisi identitas peserta, hasil scan data kesehatan, hasil scan data isian dan bukti raihan prestasi, hasil scan hasil tes keterampilan motorik, hasil scan tulisan refleksi diri, serta hasil scan pernyataan peserta tentang keaslian penampilan dalam dokumen portofolio.

File video harus berdurasi sekitar 3-5 menit. Template dokumen dan isi file untuk PPT telah disediakan oleh pihak LTMPT.

Ketentuan Melampirkan Portofolio SBMPTN

Secara umum, untuk melampirkan portofolio SBMPTN, kamu hanya wajib mengunggah 1 jenis portofolio sesuai jurusan yang kamu pilih. Jika kamu memilih 2 jurusan berbeda, maka kamu wajib mengunggah 1 jenis portofolio pada setiap jurusan tersebut, berdasarkan ketentuan kelompok portofolio yang tercantum di atas.

Contohnya, kamu memilih jurusan Teater pada pilihan 1 dan jurusan Tari pada pilihan 2. Maka, kamu wajib mengunggah 1 portofolio teater dan 1 portofolio tari. Selain itu, pastikan menggunakan template yang sudah disediakan di portal LTMPT. Kalau kamu tidak menggunakan template tersebut, ada kemungkinan portofolio yang kamu buat akan terdiskualifikasi dari penilaian.

Nah, sampai sini, kamu sudah paham jenis-jenis portofolio SBMPTN kan? Jangan lupa mencantumkan portofolio terbaik kamu! Semoga ulasan ini bisa memperlancar pendaftaran UTBK SBMPTN mendatang.

Bukan cuma portofolio saja, kamu juga harus mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN agar bisa mendapatkan nilai UTBK tinggi. Bagaimanapun, nilai UTBK tetap menjadi kriteria penilaian yang utama, ya. Untuk memaksimalkan peluang lolos SBMPTN, kamu bisa menggunakan aplikasi Pahamify sebagai sarana dan teman persiapan UTBK. Segera unduh aplikasinya di sini.

Manfaatkan segudang fitur keren Pahamify seperti kumpulan soal UTBK SBMPTN, try out online, rangkuman, kelas online, study plan, serta grup belajar eksklusif agar proses belajar SBMPTN makin seru dan optimal.

Selain itu, ikuti juga Pahamify Accelerator Program (PAP) untuk mendapatkan bimbel online UTBK SBMPTN intensif dari tutor berpengalaman. Yuk, belajar seru dan kejar kampus impian bareng Pahamify sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *