Close

February 15, 2022

Bingung Memilih Jurusan UTBK? Akuntansi Punya Prospek Karir Menjanjikan Lho!

Memilih jurusan kuliah saat UTBK kadang bikin kepala pusing. Banyak hal yang harus difikirkan baik dari segi karir ataupun minat.

Yap, intinya kamu jangan sembarangan pilih. Kehidupan akademik kampus sangat berbeda dengan masa SMA/SMK.

Jangan sampai di tengah jalan kamu mengeluh “Ih kayanya salah jurusan deh” dan akhirnya mempengaruhi performa kamu di kampus.

So, siapa disini yang memiliki ketertarikan dalam bidang keuangan?

Jika itu kamu, Akuntansi bisa menjadi pilihan terbaik lho. Dengan kuliah di jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai hal tentang laporan keuangan.

Maka dari itu, kehidupan sosial anak akuntansi tidak akan jauh dari “Kalkulator”, jadi jangan heran ya!

Fakta menarik, ternyata jurusan Akuntansi selama beberapa tahun terakhir menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru, wow keren banget kan?

Selain itu, banyak perusahaan yang menerima lulusan akuntansi untuk membantu mengelola keuangan di perusahaan mereka. Nah, di bawah ini ada beberapa prospek karir menjanjikan untuk jurusan Akuntansi kedepannya, yuk disimak!

Akuntan Publik

Akuntan Publik menjadi salah satu karir yang cukup diminati olah anak jurusan akuntansi.

Wah kok bisa?

Yap, karena profesi ini bisa berkerja secara individu ataupun bersama perusahaan.

Yang terpenting kamu sudah memiliki izin dari Negara untuk memberikan jasa sebagai akuntan swasta dengan standar utama akuntan di Indonesia yaitu IFRS  (International Financing Reporting Standards).

Tugasnya seperti audit laporan keuangan, audit pajak, dsb.

Selain itu, penting banget buat anak akuntansi untuk memahami dengan baik regulasi pajak. Sebab, kamu akan dituntut terus untuk memahami perkembangan terbaru di dunia keuangan.

Untuk bayarannya-pun tidak sedikit. Apalagi jika sudah berpengalaman. So, profesi ini jika ditekuni dengan baik tentu akan membuat karir kamu semakin cemerlang kedepannya.

Account Officer (AO)

Jika bukan jurusan Akuntansi mungkin asing mendengar istilah Account Officer. Tapi jangan salah, profesi ini memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah lembaga keuangan.

Salah satu tanggung jawabnya adalah membuat nasabah tertarik dalam menggunakan produk dan memastikan bahwa perusahaan mengalami peningkatan terhadap kredit lembaga keuangannya.

Orang-orang sering menyamakan profesi ini dengan istilah “Pemasaran” atau “Berjualan”. Secara istilah tidak salah, namun pada praktiknya tugas dan wewenang AO lebih kompleks.

Seorang AO harus jeli dan memantau apakah pinjaman yang diberikan akan berlangsung secara baik atau tidak.

Sebagai fresh graduate, gaji AO termasuk lumayan. Apalagi jika sudah memiliki pengalaman 3 tahun ke atas.

Manajer Akuntansi

Siapa disini yang cita-cita masa kecilnya ingin menjadi manajer? Eitsss jangan khawatir, karir dalam bidang ini bisa bikin cita-cita kamu jadi kenyataan lho.

Namun tentu harus dengan persiapan yang lebih matang, karena sebagai Manajer Akuntansi tugasnya tidak mudah, yaitu memberikan data atau informasi yang akurat pada tiap divisi untuk dianalisis.

Maka dari itu, sebelumnya kamu harus mendalami transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan untuk dibuat laporannya.

Selain gelar, ternyata perlu memiliki soft skill dan hard skill yang dibutuhakan. Misalnya yang paling penting untuk soft skill adalah komunikasi, kepemimpinan, detail, dll.

Sedangkan untuk hard skill yang perlu kamu miliki adalah pemahaman tentang akuntansi, analisis data, serta membuat laporan keuangan. Mungkin kelihatannya rumit, tapi ini akan seimbang dengan hasil yang akan kamu dapatkan nanti.

Internal Auditor

Sebagian anak jurusan Akuntansi pasti ingin berkarir dalam bidang ini. Karena semua perusahaan pemerintah ataupun swasta pastinya membutuhkan Internal Auditor di dalamnya, sehingga karir ini tidak akan pernah redup.

Memastikan hasil laporan keuangan sesuai dengana aslinya adalah salah satu tugas dan tanggung jawab yang harus dipikul. Belum lagi perlu memastikan bahwa perusahaan tidak melakukan penyimpangan apapun di dalamnya.

Banyak kasus laporan keuangan yang di manipulasi, oleh karena itu kejujuruan yang tinggi adalah hal yang sangat dijunjung dalam profesi ini.

Sebagai Internal Auditor, kamu punya kesempatan travelling lho.

Yap, misalnya perusahaan kamu memiliki banyak cabang di Indonesia, nah kamu sebagai Internal Audit-nya akan langsung meninjau ke lokasi untuk memeriksa.

Seru banget bukan bekerja sambil jalan-jalan?

Financial Analyst

Financial Alalyst atau analis keuangan adalah salah satu karir yang di damba-dambakan juga oleh anak jurusan Akuntansi. Prospek yang menjanjikan ternyata bikin profesi ini cukup banyak diminati.

Secara singkat tugas-nya adalah menilai profit dan juga stabilnya suatu usaha. Namun tentu tidak sesederhana itu, kamu tetap harus menyediakan dalam bentuk rasio sebuah laporan keuangan.

Tujuannya agar pimpinan perusahaan dapat mengambil keputusan yang baik antara lanjut atau tidaknya operasional usaha tersebut.

Selain itu, kamu juga harus paham investasi seperti obligasi ataupun saham. Hal ini nantinya dapat memberikan saran atau rincian kepada pengambil keputusan investasi.

Hmm ternyata banyak hal yang harus kamu pelajari. Jadi jangan lupa lakukan upaya yang optimal agar kamu bisa sukses berkarir dalam bidang ini.

Itulah beberapa prospek karir yang cukup menjanjikan apabila kamu memilih jurusan Akuntansi pada UTBK nanti.

Perlu ditekankan bahwa profesi di atas tidak bisa di gapai jika kamu bersantai. Jadi lakukan usaha secara maksimal ya,  karena tentu saja proses tidak akan mengkhianati hasil.

Untuk mebantu kamu masuk ke jurusan akuntansi terbaik di negeri ini, kamu bisa pakai fitur Pegasus di Pahamify. Fitur ini bagus banget buat kamu yang perlu bimbingan buat UTBK nanti. Jadi, langsung download, ya!

Penulis: Nifa Nurfaidah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *