Close

April 19, 2022

Bisnis Digital, Jurusan yang Laku Banget di Industri 4.0 

Bisnis Digital

Nah apasih Bisnis Digital? Kalo menurut aku Bisnis Digital itu kita belajar mengenai dunia digital seperti coding, desain aplikasi (yes! UI/UX), manajerial atau workflow secara agile yang kita relate in sama ilmu bisnis baik manajemen secara agile, ilmu ekonomi dasar, maupun akuntansi yang menitikberatkan gimana kita menghitung valuasi suatu perusahaan.

Yes! pasti tau kan ya perusahaan startup yang udah Unicorn, Decacorn, Hectocorn? nah itu kita belajar juga cara valuasi perusahaan itu!

Selain belajar itu belajar apalagi kak? 

Asli Banyak Banget!

Aku belajar banyak banget baik itu duni komputer maupun dunia bisnis! Nih aku kasih beberapa bocoran ya yang aku pelajarin selama ini! ?

  1. Design Thinking yang belajar mengenai penemuan suatu ide sampai ke tahap realisasi idenya dengan tahapan  
  2. Belajar tentang Ilmu Komputer & Algoritma Pemrograman yang belajar tentang gimana cara bikin algoritma dan belajar coding juga
  3. Mengelola Organisasi secara Digital yang belajar gimana manage organisasi pada saat online / WFH
  4. Manajemen Media Sosial dimana kita belajar gimana cara mempromosikan produk secara online yang sesuai dengan Produk Market Fit 5P bahkan 7P
  5.  Teknologi Industri Keuangan yang belajar fenomena kenapa kok banyak startup yang pada bakar uang dengan promosi besar-besar an, ‘ending’ nya menjadi aplikasi keuangan, dan belajar path customer journey dari pengguna fintechnya.
  6. Kita belajar juga mengenai Big Data. Seperti belajar gimana cara mengolah data, bersihin data yang banyak banget, ngerapiin, bahkan gimana cara kita visualisasi data ini dengan Tableau, Google Data Studio, maupun Microsoft PowerBI
  7. Nah Bocoran terakhir nih hehehee, Kita belajar juga gimana caranya kita bisa presentasi secara menakjubkan dan menjanjikan didepan investor! nah tentunya bukan investor beneran ya tapi dosen. Tapi poinnya adalah kita belajar gimana caranya deliver ide kita dengan secara runtut, mudah dipahami, dan meyakinkan buat para calon investor yang nanti kalian temui kalau kalian mendirikan startup nantinya!

Yes! memang kelihatannya kayaknya pusing ya, tapi percayalah ga ada jurusan kuliah yang engga bikin pusing. Di sini kita belajar bareng-bareng temen-temen! Jangan berkecil hati kalo misalnya engga paham sama sekali, karena ada Himpunan Mahasiswa nya juga yang udah didirikan dari tahun 2019 dan dosen-dosen yang asik-asik engga kaku, jadi bisa belajar dan bertanya sepuasnya mengenai dunia Bisnis Digital.

Selain itu, ga jarang Himpunan Mahasiswa Bisnis Digital (atau organisasi OSIS versi Mahasiswanya lah ya) sering banget ngadain acara webinar sama beberapa petinggi maupun specialist dari berbagai startup.

Bisnis Digital ini walaupun termasuk jurusan baru, tapi enak banget buat aku pelajarin melihat aku yang dulu suka banget sama coding / belajar mengenai komputer. Tapi karena otak aku ga nyampe jadi endingnya tetep aja ga paham sama perkodingan wkkwkw.

Ga jarang, Bisnis Digital itu jadi sasaran buat temen-temen IPS/Soshum yang engga kuat cuman belajar komputer dan ngoding, tapi pingin juga belajar dari sisi bisnis nya. Karena mau ga mau ketika nanti mendirikan maupun kerja di startup, harus bisa jago komputer dan jago bisnis juga kan?

Lalu Prospek kerjanya apa kak? ?

Banyak Banget! Kalian kerasa engga sih semenjak ada startup dan berkembangnya duni digital, makin banyak pekerjaan-pekerjaan yang baru bermunculan?

Dulu mana ada pekerjaan yang namanya: ?

  1. UI/UX, 
  2. Project Management, 
  3. Business Analyst, 
  4. Business Intelligence, 
  5. Product Manager, 
  6. Scrum Master, 
  7. Copywriter, 
  8. Data Analyst,
  9. Data Scientist,
  10. dan lainnya. 

Nah yang aku sebutin tadi merupakan pekerjaan-pekerjaan yang baru bermunculan saat ini, masih langka di Indonesia, dan prospect kerja kalian kalo kalian daftar dan keterima di Bisnis Digital. 

Penulis: Rienesa Darmawan


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *