Close

March 19, 2022

Ilmu Kesejahteraan Sosial Belajar Tentang Apa???

Kesejahteraan Sosial

Ngomong-ngomong tentang jurusan sosial, pasti yang ada di otak kamu cuma jurusan Sosiologi, kan? Hmmm padahal ada satu lagi jurusan yang ngga kalah eksis, yuppp jurusan Kesejahteraan Sosial. Atau anak kampus sering bilang “Kesos” biar keren, hahaha kayanya biar ngga kepanjangan aja deh. Nah anak Kesos ini sering banget disangkutpautin sama anak Sosio, padahal dari beberapa sisi tentu ada perbedaan yang signifikan.

Buat kamu yang menghindari hitungan, jurusan ini bisa jadi salah satu pilihan lho. Namanya sosial, otomatis kita belajar mengkaji kehidupan sosial yang ada di masyarakat. So, jika tertarik pilih jurusan Kesos saat UTBK nanti, kamu harus tahu dulu seluk beluk jurusan tersebut seperti apa. Dimulai tentang jurusannya, kehidupan akademik, ataupun prospek karir kedepan.

Tenangggg, kamu berada di artikel yang tepat kok. Di bawah ini Mipi jelasin hal-hal yang kamu butuhin deh. Let’s goooo!

Tentang Jurusan Kesejahteraan Sosial

Sebelum lebih jauh, kita bahas dulu arti jurusan Kesejahteraan Sosial deh biar makin paham. Kesos adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara berkelanjutan. Dari mulai identifikasi, mencegah, dan juga mencari solusi untuk permasalahan sosial.

Nah bedanya sama Sosiologi apa???

Kalau Sosio lebih ke menggunakan teori sosial untuk mempelajari fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat.

Intinya gini, misal ada suatu permasalahan di lingkungan sosial, nah yang pertama mengkaji adalah anak Sosio dengan teorinya. Baru nanti yang terjun ke lapangan secara langsung adalah anak Kesos untuk mencari solusi yang terbaik. Jadi berhubungan erat banget kan?

Kesos ini jika di kampus masuk ke fakultas ilmu sosial & ilmu politik (FISIP), tapi tergantung juga, di beberapa kampus ada yang masuk fakultas ilmu sosial & budaya (FISIB).

Buat kamu yang punya jiwa sosial tinggi ataupun seneng berinteraksi dengan banyak orang, gotchaa! jurusan ini bakalan pas banget. For your information, di jurusan ini kamu akan diasah untuk menguasai beberapa soft skill. Misalnya public speaking, analisis, simpati & empati, serta problem solving yang baik.

Kehidupan Akademik Mahasiswa Kesejahteraan Sosial

Ngomongin tentang kehidupan akademik, pastinya banyak banget hal-hal yang kamu pelajari di jurusan ini. Kesejahteraan sosial tentu tidak hanya berujung pada aspek ekonomi saja, dimana konsep “sejahatera” disini bakalan luas banget perspektifnya.

Luas dalam arti kamu akan mempelajari juga beberapa aspek. Misalnya pemberdayaan komunitas, perancangan kebijakan sosial, organisasi pelayanan masyarakat, kesehatan psikologis individu, tanggung jawab sosial perusahaan, serta hubungan interpersonal dengan keluarga dan lingkungan sosial. Lumayan banyak bukan? Maka dari itu lulusan Kesos ini bakalan terikat dengan banyak bidang. Keren banget!

Selain itu, kehidupan sehari-hari kampus bakalan nyenengin banget! Kamu ngga akan sumpek atau pusing karena selalu belajar di ruang kelas, karena anak Kesos biasa belajar di luar dengan berinteraksi langsung ke masyarakat. Jadi ya kesimpulannya kamu akan lebih banyak praktek lapangaan dari pada teori.

Fakta menarik, ternyata tugas anak Kesos bisa out of the box lho. Hahhhh gimana???? Jadi kamu bisa aja ada tugas eksperimen, misal dengan purapura jadi pengemis jalanan, dll. Tujuannya tentu untuk analisis simpati dan empati masyarakat sekitar. Seru banget!

Mata kuliah yang dapat kamu jumpai biasanya adalah manajeman organisasi pelayanan, dasar-dasar pembangunan sosial, filsafat & etika kesejahteraan sosial, manajeman penanggulangan bencana, tingkah laku manusia & lingkungan, metode intervensi sosial, masalah kemiskinan, sistem usaha kesejahateraan sosial, dampak sosial pembangunan globalisasi, kebijakan perencanaan sosial, dll.

Prospek Karir Lulusan Kesejahteraan Sosial

Seperti yang Mipi bilang di atas, jurusan ini ternyata berkaitan dengan beberapa bidang. Otomatis banyak karir menjanjikan menunggu kamu lho. Kira-kira apa aja, cek yuk langsung!

LSM

Salah satu karir yang bisa kamu pilih setelah lulus adalah menjadi pegawai LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Buat kamu yang memiliki public speaking bagus, profesi ini bakalan cocok banget. LSM memiliki peran penting untuk pemberdayaan masyarakat, maka dari itu materi selama 4 tahun kuliah di jurusan Kesjahteraan Sosial pastinya berguna banget. Jika sudah berpengalaman, peluang gaji besar di depan mata lho.

Ahli Sosial dan Pengembangan Masyarakat

Lembaga pemerintah maupun non pemerintah, pasti banyak yang membutuhkan tenaga ahli sosial & pengembangan masyarakat. Seperti yang kamu ketahui, kesenjangan dan ketidakadilan dalam masyarakat akan terus meningkat. Maka dari itu, profesi ini akan membantu untuk permasalahan tersebut. Tanggung jawab kamu dimulai dari analisis sampai mencari solusi terbaik. Manarik bukan? Materi selama kuliah akan terpakai secara nyata di karir ini.

Petugas Kebijakan

Karir sebagai Pegawai Kebijakan memang jarang diketahui, tapi ternyata masuk ke salah satu yang menjanjikan lho. Kamu dapat menemukan profesi ini di lembaga kedinasan, hmm tahu dong kedinasan gajinya pasti ga ecek-ecek? So, buat kamu yang tertarik, maka harus paham tugasanya seperti apa. Intinya kamu bakal menyaring beberapa aspirasi dari masyarakat. Setelah itu dilakukan penelitian, solusi, serta strategi kebijakan yang baik.

Human Resource

Kata siapa karir menjadi HRD harus lulusan Psikolagi saja? Jangan khawatir! Buat kamu lulusan Kesos, ternyata bakalan punya kesempatan yang sama. Selama 4 tahun bergelut dalam bidang sosial dan masyarakat, tentu kamu memiliki skill yang baik sebagai senjata. Paham tentang kesejahteraan sosial bakalan buat kamu lebih perspektif dan netral.

Akademisi

Buat kamu yang seneng bergelut di dunia pendidikan, karir sebagai tenaga pengajar pastinya seru banget. Jika tertarik sebagai dosen, maka harus lanjut untuk gelar master terlebih dahulu. Mungkin terlihatnya berat, tapi tenang saja, itu semua bakalan terbayar kok. Gaji sebagai seorang dosen tentu lumayan besar, belum lagi jam kerja yang fleksibel akan memudahkan kamu untuk memilik pekerjaan sampingan lainnya.

Fakta bahwa kehidupan sosial sering berubah ubah, ternyata membawa angin segar untuk karir di bidang sosial, yupppp tidak akan redup! Pokoknya  kamu ngga usah takut atau bingung lagi deh setelah lulus nanti kerja apa, bakalan banyak banget karir yang dapat kamu pilih selain 5 di atas.

Gimana nih Pahamifren? Setelah membaca kehidupan akademik ataupun karirnya, apakah sudah cukup yakin dengan pilih jurusan Kesejahteraan Sosial saat UTBK???  Intinya yang harus kamu lakukan saat ini adalah mempersiapkan semuanya. Hal yang dijabarkan di atas tidak bisa jika hanya dibaca saja, kamu harus merealisasikannya agar menjadi nyata yaa. Semoga artikel ini cukup membantu.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *