Close

February 16, 2022

Jurusan Perhotelan Yang Ga Melulu Tentang Hotel

Siapa dari kamu yang masih pusing harus memilih jurusan apa?

Yap, memilih jurusan adalah hal yang paling rumit, karena masa depan kamu akan bergantung di dalamnya. Kalau ditegah-tengah salah jurusan, hmmm bisa berabe.

So, dari banyaknya pilihan, siapa yang tertarik dengan jurusan Perhotelan? Mungkin sebagian orang akan asing dengan jurusan tersebut, tapi jangan salah, di beberapa perguruan tinggi Perhotelan salah satu jurusan yang cukup diminati ternyata.

Sekilas mungkin mendegar kata “Hotel” akan langsung berfikir bahwa belajarnya tentang hotel nih, atau setelah lulus sepertinya berkarir menjadi staff hotel.

Walaupun tidak sepenuhnya salah, perkuliahan ternyata ga se-simple itu. Kamu akan belajar mengenai banyak hal. Nah, daripada bingung, di bawah ini Mipi berikan gambaran mengenai jurusan Perhotelan.

Yuk disimak!

Apa tuh Jurusan Perhotelan?

Sebelum lebih jauh, alangkah baiknya kamu harus tau definsi singkat jurusan yang akan kamu pilih saat UTBK nanti.

Apasih Perhotelan itu? Jadi Perhotelan merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan hotel, dimana nantinya akan berkaitan dengan manajeman sebuah bisnis dan aspek wisata. Dan semua itu dipelajari untuk mencapai kesuksesan hotel tersebut

Tidak hanya itu, jurusan tersebut mengembangkan dan menerapkan pengetahuan perhotelan untuk perencanan, pengawasan, produksi, food & beverage, dan akomodasi atau jasa penginapan.

Jadi jangan heran deh kalau jurusan Perhotelan disamakan dengan Pariwisata, karena memang cukup berkaitan erat. Dilihat dari hal tersebut, sepertinya akan banyak karir yang bisa kamu pilih bukan?

Hmm sebelum ke karir, kita lanjut ke kehidupan akademiknya yuk!

Rasanya Jadi Mahasiswa Perhotelan

Nah, kira-kira anak jurusan Perhotelan belajar apa, sih?

Ternyata ada banyak hal yang harus kamu pelajari. Seperti cara mengelola finansial yang nantinya digunakan untuk kesejahteraan karyawan dan masyarakat sekitar, bagaimana cara memuaskan pelanggan agar selalu balik lagi ke hotel atau resort tersebut, cara melindungi budaya lokal dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, dan yang terakhir tentunya kamu harus paham bahasa asing minimal Bahasa Inggris.

Karena berkaitan dengan tempat wisata, otomatis akan berhubungan langsung dengan orang-orang mancanegara. So, pastinya terbayang bukan kehidupan sosial dan akademik kamu akan seperti apa?

Selain dari itu, jika saat UTBK jurusan Perhotelan yang kamu pilih, maka kamu harus mempunyai beberapa skill yang memadai. Diantaranya: komunikasi yang baik, kemampuan manajerial, teliti & tekun, kemampuan bahasa asing, dan kemampuan melayani customer dengan baik.

Dari beberapa skill tersebut, kamu kuasai yang mana nih kira-kira? 

Prospek Karir Lulusan Perhotelan

Dari penjelaskan di atas, bagaimana? Apakah sudah yakin memilih jurusan Perhotelan saat UTBK? Eitss jangan khawatir, ada satu pembahasan lagi yang tidak mugkin terlewat.

Terkait jurusan, pasti harus dijelaskan juga tentang prospek karir ke depannya. Akan menjadi apa, gajinya tinggi atau tidak, dll.

So, Mipi juga berikan penjelasan mengenai karir apa saja yang bisa kamu capai jika memilih jurusan Perhotelan, Lets start it!

Hotel Manager

Siapa disini yang cita-cita masa kecilnya ingin menjadi manajer hotel?

Yap, karir ini bisa menjadi pilihan yang sangat menjanjikan. Ilmu dasar yang harus kamu kuasai juga tidak main main, seperti tentang bisnis, manajeman, ekonomi, dll, dimana berkaitan dengan tanggung jawab-nya yaitu mengatur seluruh aspek pemasaran maupun produksi sebuah hotel atau resort.

Jika kamu memilih karir ini, tentu keterampilan interpersonal harus dikuasai dengan baik.

Kamu dianjurkan untuk memeriksa hotel setiap hari, memantau perekrutan, melatih, menjaga fasilitas hotel, bahkan mengawasi pekerjaan staff.

Dengan tanggung jawab yang cukup berat, kamu akan memiliki gaji yang tinggi lho. Apalagi jika sudah berpengalaman, profesi ini tentu menjadi opsi terbaik.

Food & Beverage Manager

Nah, jika kamu senang memasak, tentu karir ini akan cocok menjadi pilihan terbaik.

Kata sipa menjadi Food & Beverage Manager harus jurusan tata boga? Jangan salah, jurusan Perhotelan-pun bisa mengembangkan karir di bidang ini lho.

Seperti yang kita ketahui dari penjelasan sebelumya, bahwa Perhotelan adalah tentang pengelolaan hotel secara keseluruhan, dan Food & Beverage masuk ke dalam komponen tersebut.

Pada dasarnya hotel membutuhkan profesi tersebut untuk mengatur operasional dapur dan menetapkan kualitas makanan yang disajikan.

Tidak hanya itu saja, seperti cita rasa, ciri khas, bahkan keindahan makanan cukup diperhitungkan. Dan yang paling seru adalah kamu bisa memiliki kesempatan untuk mengembangkan menu apapun yang diinginkan.

Wah asik banget bukan?

Event/Wedding Manager

Ternyata karir jurusan Perhotelan bisa beragam lho, salah satunya adalah Event/Wedding manager.

Tentu adanya karir tersebut dikarenakan hotel/resort seringkali dijadikan tempat menyelenggarakan event, baik itu event kantor atau wedding. Tanggung jawabnya adalah memastikan seluruh acara yang diselenggarakan berjalan dengan baik dan lancar.

Secara luas tugasnya adalah melakukan panawaran jasa pada klien, memberi konsultasi anggaran, melakukan penawaran kerja sama untuk vendor, membuat paket penawaran wedding, dll.

Nah, dari tugasnya kelihatan seru banget, Jadi buat kamu yang seneng banget berkomunikasi dengan orang lain, profesi ini bisa menjadi pilihan.

Restaurant Manager

Sama halnya dengan Hotel Manager, restaurant di dalam hotel-pun harus memiliki managar agar terkelola dengan baik.

Tugas dan wewenangnya tentu mengawasi jalannya operasional sehari-hari. Seperti apakah persediaan dapur mencukupi, memiliki kewenangan memecat dan merekrut karyawan dapur, ataupun mengkoordinasi apabila ada acara di restaurant tersebut. Intinya adalah memastikan seluruh pekerjaan yang berkaitan dengan restaurant berjalan dengan semestinya.

Bagaimana apakah kamu tertarik? Jika iya, karir profesi ini sangat diperhitungkan lho, jadi kamu harus mempersiapkan skill yang mempuni juga.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kehidupan akademik dan juga karir apabila kamu memilih jurusan Perhotelan saat UTBK nanti.

Apabila kamu memiliki skill-skill yang dibutuhkan, tentu jurusan tersebut akan menjadi pilihan yang tepat dan menjanjikan.

Yang terpenting bukan itu saja, persiapan yang matang adalah perlu. Jadi, persiapkan diri kamu dari sekarang ya, Pahamifren. Kamu bisa mulai dengan pakai fitur Pegasus di Pahamify!

Penulis: Nifa Nurfaidah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *