Close

March 19, 2022

Lulusan Sistem Informasi Banyak Dicari?

Sistem Informasi

Teknologi menjadi hal yang sangat dibutuhkan di era modern saat ini, semua berlomba-lomba untuk membuat teknologi baru yang lebih canggih dari terdahulunya. Dari hal tersebutlah, banyak sekali jurusan khusus untuk mempelajari perkembangan teknologi. Misalnya ada Ilmu Komputer dan juga Teknik Informatika. Tapi tidak hanya itu saja, ada satu jurusan lagi yang hampir mirip dan lebih kompleks. Yap jurusan Sistem Informasi.

Jurusan Sistem Informasi mungkin sering dikaitkan dengan saudaranya yaitu Ilkom dan juga TI. Eiitttts jangan salah, walaupun memiliki tujuan yang hampir sama, ternyata kehidupan akademik masing masing berbeda lho. Nah, disini Mipi ingin jelaskan detail mengenai jurusan Sitem Informasi. So, buat kamu yang tertarik memilih jurusan tersebut saat UTBK nanti, cek detailnya di bawah ini yuk!

Tentang Jurusan Sistem Informasi

Apa yang terbersit dalam pikiran kamu ketika mendengar jurusan Sistem Informasi pertama kali? Mipi tebak yaa, pasti kebanyakan orang akan berfikir tentang komputer, data, serta rumus-rumus. Pokoknya di otak kamu pasti jurusan ini bikin puyeng deh. Betul apa betul nih??? Hmm daripada kamu berasumsi lebih jauh, sini Mipi bisikin. Sebenarnya benar kok jurusan SI ngga jauh dari komputer dan juga data, namanya juga sistem kan? Huehee.

Lebih detailnya jurusan Sistem Informasi adalah cabang keilmuan yang menggabungkan komputer, bisnis, dan juga manajeman. Dalam arti jurusan ini nantinya memiliki tugas untuk identifikasi kebutuhan dalam suatu bisnis perusahaan berdasarkan data yang tersedia. Baru dari hasil identifikasi tersebut, terancanglah sebuah sistem. Intinya saat lulus nanti diharapkan bisa mengembangkan sistem dari beberapa sumber data, sehingga hasil akhirnya dapat memberikan informasi akurat bagi perusahaan.

Maka dari itu, kenapa strereotype di luar sana banyak menyebutkan jurusan Sistem Informasi bikin puyeng, ternyata memang menggabungkan beberapa ilmu nih, Pahamifren. Keren banget bukan? Tapi tenangggg, semua itu bisa dipelajari asal kamu semangat dan konsisten!

Kehidupan Akademik Mahasiswa Sistem Informasi

Dari penjelasan jurusan di atas, maka dapat disimpulkan jurusan SI lebih fokus programming dan penerapannya pada bisnis perusahaan. Hmm walaupun begitu, kehidupan akademik kamu tetap ngga akan jauh dari matkul-matkul yang berbau komputer, bisnis, ataupun ekonomi.

Di semester pertama dan kedua, akan bertemu maktul dasar dulu sebagai pemanasan, yaitu:

  • Wawasan kebangsaan,
  • Keagamaan,
  • Sistem dan teknologi informasi,
  • Bahasa pemograman,
  • Matematika diskrit,
  • Manajeman organisasi,
  • Wawasan teknologi & komunikasi ilmiah,
  • Bahasa Inggris,
  • Pengantar sistem operasi,
  • Algoritma & struktur data
  • Arstitektur SI

Semester ketiga dan empat kurang lebih akan bertemu maktul berikut:

  • Desain & manajeman proses bisnis,
  • Pengantar basis data,
  • Dasar pengembangan perangkat lunak,
  • Manajeman & desain proses bisnis dan komputer,
  • Statistika,
  • Desain basis data,
  • Interasi manusia & computer,
  • Analisis & desain perangkat lunak,
  • Keamanan aset informasi, dan
  • Pemograman web

Semester lima dan enam akan lebih dalam lagi, diantaranya:

  • Simulasi sistem,
  • Manajeman proyek dan layanan TI
  • Konstruksi & pengujian perangkat lunak,
  • Perencanaan SDA perusahaan,
  • Riset operasi,
  • Manajeman resiko TI,
  • Tata kelola TI,
  • Manajeman pengadaan & investasi TI,
  • Manajeman rantai pasok & hubungan pelanggan,
  • Sistem cerdas,
  • Tata tulis ilmiah

Nah, untuk semester 7 biasanya akan fokus pada bidang konsentrasi/peminatan yang dipilih, sedangkan semester 8 fokus pada skripsi. For your information, matkul di atas adalah contoh untuk di ITS ya. Setiap universitas berbeda, namun tentu tidak akan ada perubahan yang signifikan.

Selain dari matkul, biasanya konsentrasi/peminatan yang tersedia-pun berbeda. Contoh di ITS ada 5 konsentrasi yang dapat dipilih. Diantaranya: Manajeman hubungan pelanggan, forensika digital, kreatif digital pemasaran digital, dan keamanan siber.

Sedangkan di UI hanya ada 2 peminatan, yaitu e-bisnis dan tata kelola sistem informasi/tekhnologi.

Prospek Karir Jurusan Sistem Informasi

Dengan menggabungkan Teknik Informatika dan Bisnis, tentunya lulusan jurusan Sitem Informasi akan diincar oleh banyak perusahaan. Otomatis banyak peluang karir menjanjikan yang menunggu di luar sana lho. Langsung deh yuk cek beberapa karinya di bawah ini:

Web Developer

Karir ini adalah salah satu karir yang diincar oleh semua lulusan SI. Bagaimana tidak, tugasnya adalah membuat sesuatu yang menarik untuk sebuah website. Dimana ini adalah pekerjaan yang cukup relate dengan kehidupan akademiknya. Jadi ketika sebuah perusahaan merekrut seorang web developer, maka website menjadi tanggung jawab kamu nih, dimulai dari 0 hingga tampilannya menarik.

Business Analyst

Karir yang menjanjikan kedua adalah profosi Business Analyst. Seperti yang dijelaskan, bahwa jurusan SI adalah menggabungkan programming dengan bisnis, maka pekerjaan ini cukup tepat buat kamu. Maraknya teknologi yang berkembang berdampingan dengan banyaknya seorang BA yang dibutuhkan. Tanggung jawabnya adalah menganalisis data dengan tujuan akhir untuk dinilai, menentukan sebuah syarat, memberikan rekomendasi, dan juga membuat laporan pada petinggi perusahaan.

Project Manager

Jika kamu memilih berkarir sebegai tim Product Manager, maka kamu akan bertanggung jawab dalam pergerakan sebuat proyek perusahaan. Membuat sebuat product tentu tidak mudah, maka dari itu dengan posisi yang sangat penting di perusahaan ini, keberlangsungan sebuah bisnis ada pada tim kamu.

Database Administrator

Dilihat dari nama profesinya, karir ini akan berkecimpung dalam dunia data. Kamu akan diberi tugas untuk menganalis, mengelola, menguji, serta merapikan data suatu perusahaan menggunakan sistem database komputer. Pokoknya semua yang berhubungan dengan sistem tersebut menjadi tanggung jawab kamu deh, termasuk keamanannya.

IT Manager

Namanya manager, otomatis kamu harus mempunya skill manajeman yang baik. Fyi, karir sebagai IT Manager akan lebih kompleks. Dimulai dari membuat planning, kemudian coordinating serta directing semua menjadi tanggung jawabnya. Tapi tentu semua itu sebanding dengan hasil yang didapat nantinya. 

Nah, semua peluang kerja di atas tentu tidak bisa digapai semudah itu. Langkah awal yang harus kamu lakukan saat ini adalah fokus UTBK 2022. Jika kamu lulus di jurusan Sistem Informasi, pasti menggapainya akan lebih mudah.

Dilihat dari karirinya yang menjanjikan, maka tidak menutup kemungkinan akan banyak orang yang memilih jurusan tersebut. Jangan sampai itu buat kamu pesimis ya, Pahamifren. UTBK itu sulit, tapi jika dibarengi dengan usaha dan doa yang maksimal, tentu tidak akan mengkhianati hasil. Ingattt!!! Semangatnya harus dijaga terus yaa. Semoga artikel ini membantu!

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *