Close

April 18, 2022

Tertarik Dengan Kesehatan? Jurusan Ilmu Keperawatan Salah Satu Pilihan!

Keperawatan

Siapa di sini yang seneng banget sama hal berbau ‘kesehatan?’. Hmm ternyata selain Ilmu Kedokteran, kamu yang tertarik dengan bidang tersebut bisa juga lho ngambil jurusan Ilmu Keperawatan. Ya walaupun tentu secara profesi memang berbeda, tapi intinya jurusan ini memiliki tujuan yang sama,

Setiap tahun di UTBK, peminat jurusan Ilmu Keperawatan ini cukup banyak. Jadi buat kamu yang udah yakin, cepet cepet deh buat persiapan semaksimal mungkin. fyi, lulusannya banyak banget dicari nih. So, buat kamu yang kepo tentang tetek bengek jurusan ini, cusss di baca sampai akhir yaa!

Deskripsi Jurusan Ilmu Keperawatan

Jurusan di rumpun saintek ini memang dipersiapkan untuk menjadi seorang perawat professional. Kamu akan mempelajari banyak teori dan juga teknologi yang bersangkutpaut dengan kesehatan seseorang baik mental maupun fisik. Pasiennya bisa anak anak, remaja, dewasa, manula, atupun disabilitas.

Nah sebagai perawat, kamu akan diarahkan untuk mengambil spesialis khusus. Jadi ngga semuanya kamu pelajari ya. Misal, kamu suka anak-anak, bisa ngambil spesialis perawat khusus anak-anak. Atau yang lainnya seperti perawat khusus mental, jalan, dll.

Pendidikan calon perawat itu ada di semua jenjang lho. Bisa S1, D3, dan D4, tergantung kamu tertariknya lebih kearah mana. Jika S1 lebih condong mempelajari teori dan pendalaman, maka D3/D4 akan lebih banyak praktik dilapangan. Kamu yang lulusan D3 gelarnya adalah A.M.d Kep (Ahli Madya Keperawatan), D4 adalah S.Tr.Kep (Sarjana Terapan Keperawatan), dan S1 adalah S.Kep (Sarjana Keperawatan).

Pasti yang jadi tanda tanya, kira-kira harus punya skill apasih? Oke good question, sebanarnya skill khusus kayak nyuntik dll itu sudah pasti akan diajari secara bertahap. So, yang mungkin akan Mipi jabarkan adalah soft skill yang seengganya harus kamu punya. Misal kemampuan komunikasi, kemampuan problem solving, bekerja dalam tim, berpikir kritis, serta teliti dan tekun. Itu semua harus diasah dalam diri kamu yaa.

Kehidupan Akademik

Siapa bilang seorang perawat hanya menangani pasien dengan penyakit terlihat? Faktanya kamu akan mempelajari bagaimana merawat pasien yang tampak sehat dengan memiliki mental yang sakit.

Perawat itu adalah asisten dokter. Semua orang pasti memiliki persepsi tersebut, kemanapun dokter ada perawat akan membututinya. Hmm tentu itu bukan hal yang salah, sepenuhnya benar. Namun tugas sejatinya tidak hanya itu saja, ada interaksi dengan pasien, pelayanan, dan pengabdian dengan ikhlas dan telaten yang akan menjadi tolak ukur kesuksesan perawat di luar sana.

Seperti yang kita ketahui jurusan ini IPA banget, karena akan mempelajari banyak hal yang menyakut biologi. Pokoknya di semester awal kamu akan menjumpai teori keperawatan dasar, semester 2 & 3 mempelajari tentang betapa pentingnya teori dan praktik keperawatan, nah untuk semester 4 & 5 biasanya banyak ke laboratorium atau pendalaman secara nyata untuk komprehensif keperawatan. Baru deh di semester lanjut dibebaskan memilih spesialis yang akan jadi tanggung jawab kamu kedepannya.

Beberapa matkul yang dapat kamu jumpai, dianataranya:

–          Ilmu biomedik,

–          Sains kesehatan.

–          Ilmu dasar keperawatan.

–          Keperawatan sistem pencernaan.

–          Antropologi kesehatan.

–          Keperawatan sistem persepsi sensori,

–          Keperawatan sistem respirasi,

–          komputer kesehatan, dan,

–          Keperawatan sistem neurobehaviour.

Faktanya selain jurusan Ilmu Keperawatan, ada juga jurusan Keperawatan. Jurusan Keperawatan adalah lanjutan setelah lulus dari Ilmu Keperawatan. Hah gimana?? Jadi intinya setelah lulus sarjana kamu kan ada gelar S.Kep. Nah agar lebih ‘perawat banget’ dan bisa kerja di instansi seperti rumah sakit, maka ditambah gelar Ns (Ners) di depan. Contoh jadi Ns. Nifa Nurfaidah S.Kep, woilaaahh keren banget! Gelar Ns harus ditempuh dengan memilih jurusan Keperawatan dan menempuh pendidikan selama 2 semester atau 1 tahun biasanya.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Keperawatan

Setiap lulus dari jurusan yang dipilih pasti ingin memiliki prospek kerja yang menjanjikan bukan? Jangan khawatir, kebutuhan tenaga medis di industri modern saat ini meningkat sesuai dengan kebuthan masyarakan pada unit pelayanan dan kesehatan. Jadi lulusan Ilmu Keperawatan ngga perlu bingung lagi deh lulus bakal jadi apa. Berikut beberapa karir yang bisa kamu pilih:

Perawat

Seperti yang dijelaskan di atas, kamu akan dididik untuk menjadi perawat professional. Yang intinya memberikan pelayanan atau perawatan kepada individu, kelompok, ataupun keluarga yang sedang sakit ataupun sehat. Sehat dalam arti hanya secara fisik ya, tapi tidak dengan mental. Tentu dalam pekerjaannya perawat akan bekerja sama dengan tenaga medis lainnya, dimana biasanya mengikuti petunjuk dokter terlebih dahulu untuk membantu atau mengurus pasien. Karir ini dapat bekerja di rumah sakit, klinik, dan instansi kesehatan lainnya.

Terapis Fisik (Fisioterapis)

Berkarir menjadi seorang Fisioterapis biasanya akan menghadapi pasien yang cedera secara fisik, Misalnya jatuh, kecelakaan, dsb yang membutuhkan terapi untuk melenturkan tulang dan ototnya kembali. Selain itu, kamu juga akan bertanggung jawab untuk memulihkan gangguang sistem geraknya secara perlahan. 

Pekerja Sosial Medis

Profesi ini memang belum banyak diketahui orang banyak. Tapi jangan salah, ternyata cukup dibutuhkan lho di instansi kesehatan. Seorang Pekerja Sosial Medis berperan memberikan dukungan pada pasien atupun keluarganya. Misal dalam ranah pembiayaan untuk pasien ataupun dukungan secara moril. Simplenya, kamu adalah wadah untuk konsultasi mereka, berharap akan diberikan saran yang baik untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Teknisi Radiologi Medis

Yang ngga terlalu suka dengan suntik menyuntik kayanya karir ini bakalan cocok deh. Kamu akan di tempatkan di ruangan khusus instalasi radiologi. Nah, tugasnya berhubungan dengan peralatan medis radiasi, misalnya CT Scan, MRI, rontgen, dsb. Seorang Teknisi Radiologi sangan berperan penting dalam pengobatan, jadi tentu perlu pengtahuan dan keterampilan yang tepat.

Belajar Ilmu Keperawatan itu seru tapi kompleks. Tidak hanya mencakup di ranah perawatan saja, tapi kamu diberi pengetahuan bagaimana suatu penyakit bisa terjadi dan cara pencegahannya sejak dini. Jadi buat kamu yang udah yakin bakalan pilih jurusan ini pas UTBK nanti, jangan lupa persiapannya diketatin lagi ya. Semoga artikel ini membantu, Pahamifren.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *