Close

March 5, 2021

Latihan Soal UTBK Saintek Kimia 2021 dan Pembahasannya

Latihan Soal UTBK Kimia dan pembahasannya

Pahamifren, sekadar mengingatkan, kalau UTBK SBMPTN 2021 tinggal hitungan hari lho. Jangan sampai kendor, yuk gear up lagi dengan memperbanyak latihan soal. Buat kamu yang berencana mengambil kelompok ujian Saintek, Mipi mau mengajak kamu buat bahas soal UTBK Kimia nih.

Selain contoh soal, Mipi juga bakal membahas materi Kimia apa saja yang perlu kamu pelajari, sekaligus bagaimana cara belajar Kimia SBMPTN yang efektif. Yuk, langsung cek pembahasannya berikut ini!

Materi Soal UTBK Kimia

Secara umum, ada 6 materi penting yang harus kamu kuasai dalam soal UTBK Kimia. Antara lain materi Struktur Atom dan Ikatan Kimia, Stoikiometri, Energetika dan Kinetika Reaksi, Larutan, Redoks dan Elektrokimia, serta Kimia Karbon. Selain 6 materi tersebut, kamu juga perlu belajar materi tentang Kimia Unsur, Radioaktif, Kimia Lingkungan, dan Koloid.

Latihan Soal UTBK Kimia

Kalau sudah paham 6 materi besar tadi, kamu juga harus mempelajari materi Kimia lainnya. Misalnya, Struktur Atom dan Kimia Unsur. Cara belajar ini bisa mempermudah kamu biar lebih paham dengan konsep materi yang dipelajari. Jadi, kamu juga lebih mudah memahami hubungan antarkonsep pada tiap materi Kimia SBMPTN.

Kunci sukses untuk menguasai materi Kimia SBMPTN yaitu dengan memahami konsepnya, mengetahui hubungan antarkonsep, memahami rumus, serta pastikan kamu ingat unsur-unsur kimia dan tetapan kimia. Lewat latihan soal UTBK dan tips ini, kamu bisa lebih cepat dalam menyusun jadwal belajar yang efektif untuk menghadapi soal Kimia, Pahamifren.

Latihan Soal UTBK Kimia dan Pembahasannya

Biar kamu lebih paham konsep materi Kimia, bagaimana kalau kamu mencoba latihan soal UTBK Kimia saja? Mipi bakal memberikan 5 contoh soal Saintek UTBK Kimia ter-update dilengkapi dengan pembahasannya. Jadi, latihan soal ini juga bisa menjadi bahan referensi belajar kamu nantinya. Yuk, langsung kerjakan soalnya sekarang!

Soal 1 (Struktur Atom)

Urutan tingkat energi orbital dalam atom multielektron berupa 1s – 2s – 2p  – 3s – 3p – 4s – 3d – 5s – 4p – 4d – 5p ….

SEBAB

Adanya tolak-menolak antarelektron membuat pemisahan tingkat energi di antara subkulit dalam satu kulit.

Pilihannya:

A. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

B. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak berhubungan 

C. Pernyataan benar dan alasan salah 

D. Pernyataan salah alasan benar

E. Pernyataan dan alasan keduanya salah 

Pembahasan:

Untuk menyelesaikan soal ini, kamu perlu mengetahui tingkatan energi orbital dalam atom. Urutan tingkat energi orbital dalam atom multielektron berupa 1s – 2s – 2p – 3s – 3p – 4s – 3d – 4p – 5s – 4d – 5p ….

Jadi, pernyataan salah.

Urutan tingkat orbital atom multielektron di atas disebabkan adanya tolak-menolak antar elektron membuat pemisahan tingkat energi di antara subkulit dalam satu kulit. Maka, alasan dari soal di atas benar.

Jawaban yang tepat adalah D.

Soal 2 (Larutan Asam-Basa)

Dalam reaksi dengan NH3, spesi BH3 merupakan basa Lewis.

SEBAB

Asam Lewis adalah spesi kimia yang menerima pasangan elektron dalam reaksi kimia.

Pilihannya:

A. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

B. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak berhubungan 

C. Pernyataan benar dan alasan salah 

D. Pernyataan salah alasan benar

E. Pernyataan dan alasan keduanya salah 

Pembahasan:

Teori menurut Lewis, yaitu asam merupakan zat penerima pasangan elektron, sedangkan basa merupakan pemberi elektron. NH3 lebih bersifat basa daripada BH3 karena keelektronegatifan NH3 lebih besar dari BH3. Hal ini membuat NH3 lebih mudah memberikan pasangan elektron dan termasuk basa Lewis.

Jadi, pernyataan dari soal di atas adalah salah, namun alasannya benar.

Jawaban yang tepat adalah D.

Soal 3 (Redoks dan Elektrokimia)

Soal UTBK Saintek memiliki muatan nilai yang tinggi, maka dari itu persiapkan dirimu dengan latihan Soal UTBK Kimia dan pembahasannya.

Suatu arus listrik dialirkan melalui larutan CuSO4 sehingga dapat menghasilkan endapan logam Cu sebesar 7,95 g. Jika dalam keadaan yang sama larutan diganti dengan Ag2SO4, maka logam Ag yang mengendap sebanyak …. (Ar Cu = 63,5; Ag = 108)

A. 27 g

B. 8 g

C. 16 g

D. 81 g

E. 54 g

Pembahasan:

Kamu bisa menggunakan rumus dari hukum Faraday II untuk soal di atas:

Masa Ag yang mengendap sebanyak 27 g.

Jawaban yang benar adalah A.

Soal 4 (Sistem Koloid)

As2S3 adalah koloid hidrofob bermuatan negatif. Larutan yang paling baik untuk mengkoagulasikan koloid tersebut adalah…

A. Kalium fosfat

B. Magnesium sulfat

C. Barium nitrat

D. Besi (III) klorida

E. Besi (I) sulfat

Pembahasan:

Karena As2S3 bermuatan negatif, maka agar tejadi penggumpalan diperlukan zat yang jika di dalam air membentuk senyawa bermuatan positif. Dalam hal ini, senyawa yang paling mendekati adalah FeCL3 atau Besi (III) klorida, dengan persamaan:

FeCl3 + 3H2O → Fe(OH)3 + 3HCL

Dari persamaan tersebut, Fe(OH)3 adalah senyawa yang membentuk senyawa bermuatan positif.

Jawaban yang benar adalah D.

Soal 5 (Hidrokarbon dan Minyak Bumi)

Reaksi adisi Cl2 pada senyawa n-propana tidak dapat berlangsung.

SEBAB

Senyawa propana merupakan senyawa alkana atau hidrokarbon jenuh.

Pilihannya:

A. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

B. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak berhubungan 

C. Pernyataan benar dan alasan salah 

D. Pernyataan salah alasan benar

E. Pernyataan dan alasan keduanya salah 

Pembahasan:

Reaksi adisi adalah reaksi pemutusan ikatan rangkap menjadi ikatan tunggal. Pada soal di atas, senyawa n-propana termasuk alkana atau hidrokarbon jenuh (tidak rangkap) sehingga tidak akan terjadi reaksi adisi. Jadi, pernyataan soal benar dan alasan benar, serta keduanya menunjukkan sebab-akibat.

Jawaban paling tepat adalah A.

Nah, itu dia beberapa latihan soal UTBK Kimia beserta pembahasannya yang bisa kamu pelajari. Bagaimana? Sudah siap menghadapi soal-soal UTBK SBMPTN 2021?

Agar persiapanmu lebih mantap, kamu bisa meningkatkan pemahaman materi TKA Saintek lainnya lewat fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal ter-update yang lengkap dengan video pembahasan yang menarik yang mudah dipelajari. Kamu bisa melihat informasi lengkapnya di link Pahamify Try Out ini ya.

Jangan lupa, ikuti juga tantangan 1 Hari 1 Soal dari Pahamify sebagai persiapan harian untuk #TaklukkanUTBK. Tunggu apalagi, yuk, download aplikasi Pahamify sekarang dan manfaatkan semua fitur kerennya sebagai #TemanPersiapanUTBK terbaikmu!

Lihat juga materi persiapan UTBK beserta tips dan trik menarik lainnya di sini https://pahamify.com/blog/ ya, Pahamifren.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *