Close

April 18, 2022

Jurusan Statistika Ngga Selalu Menakutkan, Lho!

Pahamifren, UTBK tinggal menghitung bulan, nih. Kamu uda fix mau pilih jurusan apa? Hmm step ini emang paling rumit sih, kamu pasti perlu memikirkan beberapa hal untuk bisa yakin. Banyak faktor yang harus kamu pertimbangkan, dimulai dari ritme kuliah apakah sesuai dengan minat dan bakat, sampai prospek karir kedepannya apakah menjanjikan atau tidak.

Nah, pertanyaannya sekarang kira-kira jurusan apa sih yang punya prospek menjanjikan? Dari sekian banyaknya jurusan, ada satu yang ngga bisa kamu lewatkan begitu saja. Yappp jurusan Statistika.

Hayooo siapa yang baru baca aja uda menciut? fyi, ternyata lulusan Statistika lumayan banyak di butuhkan di masa depan lho. Apalagi semakin majunya zaman, jurusan ini bakalan sering dicari. Hah dicari gimana deh??? Biar ngga usah banyak ngang ngong ngang ngong, langsung aja deh yuk cek di bawah untuk lebih jelasnya!

Jurusan Statistika

Statistika pada intinya adalah adalah ilmu yang bertujuan untuk dasar pengambilan keputusan di beberapa sektor usaha. Maka dari itu jurusan ini banyak di cari oleh perusahaan pemerintah ataupun swasta.

Simplenya gini, perusahaan pasti memiliki sebuah data yang valid bukan? Nah nanti dari data tersebut kamu akan mempelajari bagaimana mengumpulkannya, melakukan pengolahan, penyajian, sampai yang terakhir analis. Baru dari hasil analis itulah nantinya akan disajikan sebuah informasi yang dapat dipahami banyak orang. Sehingga petinggi perusahaan dapat dengan mudah mengambil keputusan yang tepat.

Jurusan Statistika akan selalu berhubungan dengan matematika, hmm dilihat dari namanya aja udah besti banget bukan? Jadi jangan shock deh kalau nanti selama perkuliahan bakalan ada hitungannya.

Kira-kira pengetahuan dan keahlian apa sih yang harus dikuasai kalau bergelut di dunia Statistika?

Ada beberapa soft skill yang harus kamu pahami. Diantaranya pemahaman matematika, kemampuan dasar programming, public speaking, kemampuan organisasi data, problem solving, hingga kemampuan analisis. Yakin deh kalau kamu mahir di skill tersebut, Statistika bakalan jadi seru banget. Tapi tetap, semua kemampuan yang disebutkan tidak bisa tiba-tiba datang dengan sendirinya, kamu harus belajar yang rajin untuk mengasahnya juga yaa.

Dunia Perkuliahan Mahasiswa Statistika

Kehidupan akademik jurusan Statistika katanya penuh dengan hitung-hitungan. Hmm mitos atau fakta sih?

Jawabannya adalah mitos. Walaupun jurusan ini bagian dari matematika, tapi hitungannya ngga sebanyak itu kok. Kamu ngga mesti jago ngitung kalau mau terjun, karena nanti perhitungan biasanya menggunkaan software seperti SPSS atau R, serta kalkulator scientific. Sehingga hasil yang didapat lebih akurat. Jadi intinya yang penting kamu ada niat belajar yaa.

Lanjut bahas soal mata kuliah, ternyata di beberapa kampus tidak selalu sama persis lho, Pahmifren. Mipi berikan gambaran secara general deh, biasanya ada kalkulus, metode survey sampel, metode numerik, komputatsi statistika, analisis regresi, proses stokastik, statistika multivariate, statistika nonparametrik, analisis runtun waktu, teknik simulasi, analisis data kategori, dll.

Selain itu, kamu nanti akan menghadapi beberapa kuliah praktek dan kuliah kerja nyata juga. So, ngga Cuma teori doang kok.

Fakta yang harus kamu ketahui lainnnya, ternyata di jurusan Statistika peminatan bukan merupakan sebuah kewajiban. Jadi ada kampus yang membuka peminatan ada juga yang tanpa peminatan. Untuk peminatan bisa kamu jumpai di Universitas Gadjah Mada (UGM), diantaranya ada biostatistika, aktuaria, keuangan, serta bisnis & industri.

Prospek Kerja Jurusan Statistika

Lulusan Statistika bisa kerja apa??? Seperti yang Mipi udah jelasin, jurusan ini semakin berkembangnya zaman maka semakin memiliki peluang yang besar. Namanya juga hal yang bersangkuatpaut denga data, pasti semua perusahaan ingin seorang ahli untuk mengurusnya Apa saja karir-nya, check this out!

Ahli Statistik

Lulusan jurusan Statistika siapa sih yang ngga mau berkarir jadi Ahli Statistik? Atau secara istilah biasanya disebut Statistikawan / Statistisi ini ternyata memiliki hak penuh untuk melakukan kegiatan Statistika di suatu perusahaan. Pokoknya dari mulai mencari data sampai analisis, itu bakalan jadi makanan sehari – hari deh.

Data Scientist

Dilihat dari namanya, karir ini ternyata cukup nyambung dengan Statistika yang bergelut dengan data. Tapi pasti ngga plek sama, profesi ini lebih kepada mengendalikan teknologi pengolahan data. Simplenya, kamu akan menganalisis data besar yang sudah diakumulasi, sampai benar-benar mendapatkan insight untuk pengembangan sebuah perusahaan.

System Analyst

Seorang System Analyst lebih berperan untuk mengembangkan sebuah sistem perusahaan. Tanggung jawabnya dimulai dari penelitian, perencanaan, sampai memastikan sebuah sistem tersebut aman terkendali. Misal di sebuah bank meluncurkan layanan digital kepada publik, nah tugas karir ini adalah memastikan sistem operasi tersebut sudah tepat atau belum, studi kelayakan, hingga pengembangannya di masa yang akan datang.

Aktuaris

Karir sebagai Akturis saat ini lagi booming banget lho, Pahamifren. Banyak peluang kerja yang bisa kamu temukan di beberapa sektor. Misalnya perusahaan asuransi, investasi, dana pensiun, dan keuangan seperti perbankan. Inti tugasnya adalah analisis masalah keuangan di masa yang akan datang. Misalnya ada klien yang mempunyai dana 60 M, maka tugas kamu adalah memastikan dana tersebut aman dan terkelola dengan baik hingga masa depan.

Market Researcher

Berkarir di bidang Market Researcher kayanya bakalan cocok buat kamu yang suka penelitian, apalagi ditambah suka bidang ekonomi & bisnis, ini bakalan duet mau banget. Tugasnya adalah meneliti market untuk menghasilkan sebuah produk, dalam arti kamu memiliki wewenang untuk memberi masukan produk seperti apa yang akan diterima pasar.

So, gimana nih Pahamifren? Udah menentukan mau ngambil jurusan Statstika di universitas mana? Dari yang Mipi jelasin di atas, harusnya udah ada sedikit gambaran tentang jurusan, matkul, maupun prospek karirnya donggg. Nah kamu harus siap siap nih buat bersaing, jadi persiapan UTBK-nya di kencengin lagi okeyyy. Semoga artikel ini membantu.

Penulis: Nifa Nurfaidah


Persiapan UTBK dalam Genggamanmu!

Bingung mulai persiapan UTBK dari mana? Say no more!
Kamu bisa dapetin panduan super lengkap UTBK SBMPTN di Ultimate Guide Pahamify, platform persiapan UTBK #1 di Indonesia! Penuhi semua kebutuhan persiapan UTBK SBMPTN kamu di Pahamify. Kamu bisa belajar efektif untuk persiapan dari mana saja dan kapan saja. Persiapan UTBK SBMPTN seru dan pas hanya di Pahamify.

Fitur-fitur andalan belajar seru Pahamify:
🦄 PEGASUS, Persiapan Gapai Sukses UTBK. Fitur paling pas untuk persiapan UTBK SBMPTN! Pegasus akan bimbing kamu persiapan UTBK dari nol dan atur strategi belajar personal untuk taklukkan UTBK SBMPTN.
💻 LIVE CLASS. Bahas soal UTBK sulit di Live Class Pahamify. Pahami materi UTBK bareng Rockstar Teacher biar makin yakin bisa #TaklukkanUTBK
🎓 TRYOUT Online Terbesar dari MURI. Naikkan peluangmu lolos UTBK dengan latihan soal HOTS di TryOut Pahamify. Fitur keren di TryOut Pahamify bikin kamu siap #TaklukkanUTBK
👩🏻‍🏫 TES MINAT DAN BAKAT. Tentukan jurusan pilihanmu di UTBK sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang kamu miliki biar kamu makin termotivasi #TaklukkanUTBK
🏫 INFO KULIAH DAN TIPS BELAJAR. Asupan informasi wajib sebelum UTBK. Dapatkan informasi lengkap mengenai kampus, jurusan, biaya kuliah, sampai tips belajar di Pahamify! Partner kamu #TaklukkanUTBK
🎥 BELAJAR KONSEP dengan video animasi dan rangkuman materi lengkap. Pahami materi penting UTBK di video belajar dengan animasi paling seru dan rangkuman terlengkap buat taklukkan UTBK. Cocok sebagai referensi belajar untuk taklukkan UTBK.

Cek juga halaman-halaman penting ini Info UTBK, Info SBMPTN, Info SNMPTN, Blog Pahamify supaya kamu makin siap lolos ke PTN Impian.


Pahamify adalah aplikasi belajar online diproduksi oleh pencipta Hujan Tanda Tanya, kanal edukasi Youtube terbaik versi Kominfo tahun 2018. Pahamify pemegang Rekor MURI sebagai pelaksana try out online terbesar di Indonesia tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *